Legong Lasem

                                                                               BAB I
                                                                    PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Bali adalah sebuah pulau di Indonesia yang terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok dengan Ibukota provinsinya ialah Denpasar. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budaya, berupa tarian. Tari Bali merupakan suatu cabang seni pertunjukan yang mengandung serta dijiwai oleh nilai budaya Hindu – Bali. Dilihat dari fungsinya dalam aspek kehidupan ritual dan sosial masyarakat setempat, Tari Bali secara umum dapat digolongkan menjadi dua yaitu 1.Seni upacara atau seni wali dan bebali, 2. Seni tontonan/hiburan atau balih – balihan. Pakar seni tari Bali I Made Bandem pada awal tahun 1980-an pernah menggolongkan tari-tarian Bali tersebut antara lain yang tergolong ke dalam wali misalnya Berutuk, Sang Hyang Dedari, Rejang dan Baris Gede, bebali antara lain ialah Gambuh, Topeng Pajegan, dan Wayang Wong, sedangkan balih-balihan antara lain ialah Legong, Parwa, Arja, Prembon dan Joged, serta berbagai koreografi tari modern lainnya.
Kesenian tari bagi masyarakat Bali memang tak bisa dipisahkan. Tarian Bali, seperti Legong, Janger, Baris, Kecak, adalah tarian yang disakralkan dan mengalami masa jaya pada tahun 1930. Adapun pertunjukan Tari Tradisional Bali terutama di daerah Ubud diadakan berbagai macam tarian Bali dari berbagai sanggar tari, biasanya tarian yang populer dikalangan para wisatawan antara lain yaitu tari Legong, tari Kecak, tari Barong dan lain-lain. Tari Legong yang menjadi salah satu tarian favorit yang ditonton oleh para wisatawan baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan Mancanegara merupakan tarian yang dikembangkan di keraton atau istana-istana di Bali. Tari Legong biasanya ditarikan oleh dua orang gadis dan tari Legong sendiri mempunyai banyak ragam atau macamnya. Dalam pembahasan kali ini akan diuraikan beberapa mengenai Tari Legong gaya Peliatan, Ubud.



1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan beberapa peemasalahan sebagai berikut:
1.    Bagaimana sejarah Tari Legong?
2.    Apa saja struktur koreografi Tari Legong Lasem?
3.    Bagaimana Tari Legong gaya Peliatan, Ubud?
4.    Bagaimana keberadaan Tari Legong Lasem dewasa ini?

1.3    Tujuan
Tujuan dari pembuatan paper ini adalah
1.    Untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktek Tari I
2.    Untuk mengetahui sejarah Tari Legong
3.    Mampu mempelajari tentang struktur koreografi Tari Legong Lasem
4.    Mengkaji mengenai Tari Legong gaya Peliatan, Ubud dengan lebih dalam
5.    Menambah wawasan dan pengetahuan

1.4    Manfaat
Menambah wawasan dan pengetahuan mengenai pertumbuhan Tari Legong Lasem secara umum, dan dapat membandingkan dengan Tari Legong Lasem gaya/versi Peliatan, Ubud.  Selain itu, mampu mendapatkan penjelasan mengenai tari Legong, baik maknan dan macamnya.



                                                                               BAB II
                                                                       PEMBAHASAN
2.1.     Sejarah Tari Legong
Tidak pernah ada yang menjumpai kata “legong” dalam catatan-catatan kuno. Diduga kata legong berasal dari kata “leg” yang artinya gerak tari yang luwes atau lentur yang merupakan ciri pokok tari Legong. Adapun “gong” yang berarti instrument pengiringnya artinya gamelan. Legong dengan demikian mengandung arti gerak tari yang terikat (terutama aksentuasinya) oleh gamelan yang mengiringinya. Gamelan yang dipakai mengiringi tari legong dinamakan Gamelan Semar Pagulingan. Legong yang kita ketahui sekarang merupakan percampuran dari elemen-elemen tari yang berbeda sekali jenisnya. Elemen tersebut berasal dari kebudayaan Hindu Jawa yang dituangkan dalam bentuk tari klasik yang disebut Gambuh. Gambuh merupakan tipe drama tari yang berasal dari pra-Islam Jawa dan mungkin sudah dikenal di Bali sejak permulaan abad ke-15.
Pada mulanya tari Legong merupakan kesenian feudal dari kaum triwangsa di Bali. Legong dalam inspirasi dan kreasinya sama dengan Gambuh, yaitu suatu kesenian dari istana. Kesenian ini berkembang sesuai dengan pola kebangsawanan dan mendapat dorongan dari para raja zaman dahulu. Para petugas kerajaan memeriksa ke desa-desa untuk mendapatkan anak-anak perempuan yang berbakat untuk dilatih dan dijadikan penari Legong. Proses terjadinya tari Legong sudah merupakan konsep dalam seni pertunjukan yang mampu berkreasi terutama seniman-seniman, mengambil elemen dari kerakyatan yang dikembangkannya menjadi kesenian yang tinggi mutunya.
Sejak abad ke-19 tampak ada pergeseran: Legong berpindah dari istana ke desa. Tari Legong bukan lagi merupakan kesenian istana karena pengaruh istana makin lama semakin melemah dan Tari Legong menjadi milik masyarakat umum. Wanita-wanita yang pernah mengalami latihan di istana kembali ke desa dan mengajarkan tari Legong kepada generasi berikutnya. Banyak sakeha (kelompok) Legong terbentuk, khususnya di daerah Gianyar dang Badung. Guru-guru tari Legong juga banyak bermunculan, khususnya dari desa Saba, Bedulu, Peliatan, Klandis, dan Sukawati. Murid-murid didatangkan dari seluruh Bali untuk mempelajari tari Legong, kemudian mengembangkannya kembali ke desa-desa. Legong menjadi bagian utama setiap upacara odalan di desa-desa.
Sampai sejauh ini, belum dapat dipastikan kapan sesungguhnya Tari Legong diciptakan. Lakon yang biasa dipakai dalam Legong kebayakan bersumber pada:
1.      cerita Malat khususnya kisah Prabu Lasem,
2.      cerita Kuntir dan Jobog (kisah Subali Sugriwa),
3.      Legod Bawa (kisah Brahma Wisnu tatkala mencari ujung dan pangkal Lingganya Siwa),
4.      Kuntul (kisah burung),
5.      Sudarsana (semacam Calonarang),
6.      Palayon,
7.      Chandrakanta dan lain sebagainya.

2.2.    Struktur Tari Legong Lasem
a.    Struktur Tari Legong Lasem
Apabila dilihat dari struktur tari, Tari Legong ini mempunyai struktur gerak yaitu Pengawit, Pengawak, Pengecet, Pengrangrang, Pesiat, Pekaad. Untuk lebih mempahaminya dapat diuraikan strukturnya sebagai berikut:
    Pengawit
•    Duduk bersimpuh dengan posisi agem kanan, nyalud, agem kanan, ulap-ulap, nyalud, agem kiri, ulap-ulap, nyalud, agem kanan, ulap-ulap,nyalud, agem kanan, sledet
•    Ngeliput, nyalud, nyakup bawa, sledet ( diulang 3x)
•    Berdiri, tayung kiri, ngeliput, tanjek panjang
•    Nyalud, dorong kiri, agem kiri panjang.
    Pengawak
•    Agem kiri panjang, gerakan pala, agem kiri, agem kanan panjang, tanjek 4, rebah kanan-kiri-kanan, ngubit kanan, ngotag, sogok kanan, agem kanan, ngeseh, agem kiri, agem kanan, ngubit kanan, ngeseh, rebah kanan-kiri-kanan, ngengsog, agem kanan panjang
•    Agem kiri, agem kanan, tanjek 4, rebah kanan-kiri-kanan, ngubit kiri, ngotag, dorong kiri, agem kiri (2x), agem kanan, ngubit kiri, ngotag, rebah kiri-kanan-kiri, ngengsog, piles kanan-kiri, agem kiri panjang
•    Agem kiri, agem kanan panjang, tanjek 4, rebah kanan-kiri-kanan, tanjek ngandang hadap samping, tangan kanan memutar kipas, ambil lamak, ngeseh, tayung kiri, tanjek kanan, tutup kipas hadap depan
•    Agem kanan (tangan kiri memegang lamak), gerakan permainan kipas (3x), tayung kiri, ngeliput: Lasem ( arah pojok belakang), Langkaisari ( arah pojok depan),  tanjek ngandang, nyalud, dorong kiri, tanjek panjang
•    Ulap-ulap, tanjek panjang, sledet, ngeliput, ngangsel, ngeseh, tanjek  panjang, sledet, ngeliput, nyeleog, ngeseh, berjalan saling berhadapan
•    Ngeliput, tanjek panjang, sledet, ngeliput, ngeseh, tayung kiri tanjek kanan, sledet, ngeliput, nyeleog, ngeseh, tayung kiri, agem seklo, agem kanan panjang, ngeseh, berjalan saling berhadapan
•    Ngeliput, tanjek panjang, sledet, ngeliput, ngeseh, tayung kanan tanjek kiri, sledet, ngeliput, nyeleog, ngseh, tayung kiri agem seklo, agem kanan panjang, ngeseh, berjalan saling berhadapan
•    Ngeliput, tanjek panjang, sledet, ngeliput, ngeseh, tayung kiri tanjek kanan, sledet, ngeliput, nyeleog, piles kiri, berjalan, ngeliput, hadap-hadapan, tanjek ngandang, nyalud, dorong kiri, agem kiri panjang
    Pendramaan
•    Ngeliput berjalan, agem kanan (Langkaisari: agem kanan rendah, Lasem: agem kanan tinggi), berjalan, ngeliput, Lasem hadap belakang dan Langkaisari hadap depan (agem kanan), ulap – ulap, berjalan berlawanan arah, piles, agem kanan.
•    Ulap-ulap panjang kanan saling melihat, agem kanan (2x), berjalan, agem kiri, Ulap-ulap panjang kiri saling melihat, agem kiri (2x), berjalan, agem kanan, ngelies, agem kiri, kiri, berjalan, piles kanan, agem kanan: Langkaisari memegang lamak.
•    Lasem: nabdab gelung, cegut dan Langkaisari : kengser ke kiri, Langkaisari terkejut, berjalan, nyalud, rebah kiri, Lasem: nabdab gelung, cegut dan Langkaisari : kengser ke kanan, Langkaisari terkejut, berjalan
•    Nyalud, rebah kanan, Lasem mencium Langkaisari (2x), berjalan, nyalud, rebah kiri, Lasem mencium Langkaisari (2x), berjalan
•    Nyalud, rebah kanan, Lasem mencubit Langkaisari (2x), berjalan, nyalud, rebah kiri, Lasem mencubit Langkaisari (2x), berjalan
•    Agem kanan: Langkaisari ulap”, Lasem nabdab gelung
•    Nyeregseg, rebah kanan-kiri-kanan, Lasem mencubit Langkaisari, hadap belakang, nyeregseg, rebah kanan-kiri-kanan, Lasem mencubit Langkaisari (masuk)
•    Lasem: ulap-ulap, nuding, ngeliput, tanjek ngandang hadap belakang, hadap depan, tanjek panjang (Langkaisari keluar)
    Pengrangrang
•    Nyalud, tayung kiri, nyeregseg ke pojok, ngeseh, nyakup bawa, sledet, ngeseh, tayung kiri, nyeregseg, ngeseh, merias Lasem, ngeseh, mekecos depan 2x, belakang 3x (Lasem mekelies), ngeseh, tayung kiri
•    Nyeregseg, nyeregseg ke pojok, ngeseh, nyakup bawa, sledet, ngeseh, tayung kiri, nyeregseg, ngeseh, merias Lasem, ngeseh, mekecos depan 2x, belakang 3x (Lasem mekelies), ngeseh, tayung kiri
•    Nyeregseg, ngeseh, agem kanan, cegut, nabdab gelung, ngeseh
•    Agem kanan, ulap-ulap, metayungan, rebah kanan, ngeliput, rebah kiri, ngeliput, mundur kaki kanan, agem kanan, sledet, ngeseh, piles kiri, berjalan (masuk)
    Pesiat
•    Lasem ulap-ulap, keluar geruda
•    Pesiat geruda dengan lasem, agem kanan,

    Pekaad
•    Hadap belakang, angsel, ngeseh, tanjek ngndang, ngeliput hadap depan, piles kanan, dorong kanan, tanjek ngandang , sledet.

b.    Busana Tari Legong Lasem
Perkembangan busana memberikan ciri khas dari tarian tersebut. Busana dibuat semenarik mungkin agar dapat memikat daya tarik penonton. Busana khas legong yang berwarna cerah (merah, hijau, ungu) dengan lukisan daun-daun. Tata busana pada Tari Legong Lasem adalah sebagai berikut:
    Kamen berwarna hijau dengan hiasan prada
Pada Tari Legong Lasem menggunakan kamen berwarna hijau dengan hiasan prada. Cara penggunaan pada Tari Legong Lasem sama dengan penggunaan kamen pada umumnya.


    Baju lengan panjang berwarna hijau dengan hiasan prada
Pada Tari Legong Lasem menggunakan baju panjang seperti pada Tari Condong, hanya saja terdapat perbedaan warna dari kedua tarian tersebut. Tari ini menggunakan baju yang berwarna hijau dengan motif tertentu dan  hiasan prada.
    Sabuk  berwarna kuning dengan hiasan prada
Penggunaan sabuk pada Tari Legong Lasem, sama dengan penggunaan sabuk pada tari – tarian pada umumnya yaitu dililitkan pada badan penari. Biasanya penggunaan sabuk ini dimulai dari bawah (pinggang) sampai atas (dada).
    Ampok – ampok
Hiasan dari kulit yang diprada dan dipasang di pinggang. Ampok – ampok yang dipakai dalam Tari Legong Lasem sama dengan ampok – ampok yang dipakai pada tari – tarian lainnya.
    Lamak
Hiasan penutup badan bagian depan yang dipasang bergantungan dari atas susu hingga di atas lutut. Lamak pada Tari Legong Lasem sama halnya dengan lamak pada Tari Condong. Cara penggunaannya pun sama, yang membedakan kedua lamak tersebut adalah motif yang dipakai.
    Simping
Hiasan yang terbuat dari kulit. Penggunaan simping pada Tari Legong Lasem sama halnya dengan penggunaannya pada Tari Trunajaya, yaitu dipasang untuk menutupi bahu kanan dan kiri.
    Tutup dada
Hiasan penutup bagian dada. Tutup dada dipasang diatas simping, yang berfungsi untuk mengikat simping agar tidak mudah lepas.
    Badong
Perhiasan leher atau penutup bahu yang dibuat dari kulit. Dalam tarian ini menggunakan badong lancip dan penggunaannya sama dengan tari lainnya yaitu dipasang pada leher penari.
    Gelang Kana Atas
Hiasan penutup ujung baju pada lengan atas. Pemakaian gelang kana ini dipasang pada bagian atas tangan (lengan)
    Gelang Kana Bawah
Hiasan penutup ujung baju pada pergelangan tangan. Pemakaian gelang kana ini dipasang pada bagian bawah tangan (pergelangan tangan)
    Gelungan
Hiasan kepala yang dibuat dari kulit ditata dan dipulas dengan cat emas ( prada). Gelungan pada Tari Legong Lasem sama dengan Tari Legong lainnya.
    Properti
Properti yang dipakai dalam tarian ini “kepet”, yang sekarang ini sering disebut dengan “kipas”. 

c.    Iringan Tari Legong Lasem
Iringan dalam tari bukan hanya sekedar iringan, tetapi merupakan patrner tari yang tidak boleh ditinggalkan, sehingga harus betul – betul digarap agar tercapai keharmonisan. Pada Tari Legong Lasem menggunakan gamelan Semar Pegulingan sebagai iringannya.

2.3.    Tari Legong Lasem versi Peliatan Ubud
a)    Asal Mula Legong Peliatan
Sebelum tahun 1928, kesenian Legong dibina dan diayomi oleh Puri Agung Peliatan. Menurut Babad Dalem Sukawati, kehidupan berkesenian di Puri Peliatan dan Puri Tegalalang dipengaruhi oleh Puri Sukawati karena masih ada hubungan keluarga. Demikian halnya dengan tarian Legong yang muncul di Sukawati pada awal abad XIX, di Puri Agung Peliatan juga terdapat tarian Legong namun lebih dahulu hidup di Puri Tegalalang. Fungsi tari Legong pada jaman itu sebagai huburan raja-raja. Di samping itu menurut pengakuan A.A.Gde Mandera (alm), tari Legong terus menerus diajarkan karena merupakan dasar tari Bali untuk karakter perempuan. Semenjak tahun 1931 kehidupan kesenian Peliatan berkedudukan di Puri Kaleran rumah A.A.Gede Mandera. Semenjak itu kemasyuran tari Legong merebak ke mancanegara menjadi salah satu jenis tari Bali yang paling elok yang menandai awal bisnis pariwisata di Bali.
Wayan Lotering dari Kuta, Badung merupakan seorang Guru Tari dan Komposer yang telah mengajar tari sejak lama, sebelum kemerdekaan. Karena kesibukannya, beliau tidak bisa lagi untuk mengajar tari di Peliatan. Atas kesepakatan yang dibuat, akhirnya I Gusti Made Sengog dari desa Peliatan menggantikan Wayan Lotering sebagai guru tari. Sejak itulah Sengog terus menerus mengajar Legong kepada gadis yang terpilih menjadi penari. Pada mulanya struktur maupun perbendaharaan gerak tari Legong Lasem Peliatan mengikuti gaya Pak Lotering. Selanjutnya pembelajaran tari Legong berjalan dengan baik, sudah tentu berkat kejelian Mandera dalam memperhatikan teknik pengajaran Sengog yang menanamkan perbendaharaan gerak tari yang spesifik sebagai kekhasan gaya Peliatan. Karena sangat kagum dengan gerakan tari Ballet yang lincah dengan posisi telapak kaki menjinjit dan dada dibusungkan, A.A.Gede Mandera pada tahun 1953, memperbaharui gerakan Tari Legong. Demikianlah terjadi perubahan pada agem yang dari semula posisi badannya tegak lurus menjadi menonjol kedepan (cengked) serta pundak ditarik kebelakang. Hal ini dilakukan agar penari kelihatan lebih seksi karena akan dipertunjukkan kepada penonton sehingga enak dipandang.

b)    Teknik Pembelajaran Tari Legong Lasem di Peliatan Ubud
Dalam pembelajaran tari, Mandera menerapkan dua hal yang mendasar. Bagi anak perempuan, sebagai dasar tari diajari tari Legong karena perbendahraan gerak lebih lengkap. Sedangkan anak laki-laki diajarkan tari Baris. Pelatihan tari Legong Lasem gaya Peliatan dari semula biasanya dilakukan pada siang hari yang diiringi permainan kendang Gungkak Mandera dan gumaman melodi oleh Niang Sengog sendiri. Untuk memberi dasar gerak, Sengog membantu pembentukan olah tubuh lewat pijatan tubuh penari dengan kaki agar tubuh menjadi luwes dan lentur. Tubuh betul-betul terasa sakit guna mendapatkan agem yang kuat. Tubuh harus tengkurep di lantai, kemudian diinjakinjak untuk melemaskan otot. Di bawah ketiak diikat sabuk setagen supaya agem tidak berubah. Untuk melatih gerakan ngelayak (kayang) dilakukan sendiri dengan bersandar di atas meja yang setinggi pinggang. Di samping itu kadang-kadang pelatih tari berdiri di samping sembari memegang pinggang penari.
Dalam mengajar tari, Biang Sengog melakukan secara tradisional. Ia mendorong punggung calon penari sambil memegang kepala agar wajah lebh mendongak dan menarik pundak supaya kedua belikat bersatu. Kaki beliau digunakan untuk menggeser dan membuka kaki penari. Sengog jarang memberi contoh di depan tetapi langsung memegang dari belakang seolah memeluk muridnya. Kemudian kedua tangannya membimbing gerakan kepala, mengarahkan posisi tubuh penari hingga dianggap sempurna. Selepas mengajar, Gungkak Mandera dan Niang Sengog menghabiskan waktu berjam-jam untuk berdiskusi mengenai pengajaran tari dan rencana seka gong Gunung Sari ke depan. Keduanya mempunyai idealisme yang sama yakni mempertahankan ciri khas palegongan dan tetabuhan ala Peliatan sehingga dikenal orang luar. Lantaran pengajaran tari di Puri Peliatan digelar dengan tulus dan tanpa pamrih, maka sejumlah orang, baik dari lingkungan desa Peliatan maupun dari luar Peliatan, menitipkan anak-anak mereka di Puri Peliatan untuk diajari tarian, khususnya palegongan.
Setelah para penari dianggap piawai dan di pelaspas (dibuatkan sesajen menari pertama kali) maka mereka boleh mempertunjukkan tariannya. Kadangkala Sengog menyelinap diantara penonton memperhatikan gerakan penari untuk keesokan harinya memberikan kritik dan memperbaiki gerakan yang dianggap tidak benar. Pertunjukannya cukup kerap, baik untuk melengkapi kegiatan upacara keagamaan ataupun sebagai hiburan para tamu dan turis mancanegara.

c)    Ciri Khas Legong Lasem versi Peliatan
Legong merupakan tarian asal Bali, tarian ini memberi satu warna tersendiri bagi penikmatnya. Tak mengherankan, banyak sekali paket pertunjukkan Tari Legong  yang ditawarkan dalam industri pariwisata Bali. Khususnya pada Tari Legong Lasem versi Peliatan sangat berbeda dengan versi Tari Legong Lasem  lainnya. Gaya tarian yang diajarkannya agak berbeda dengan pengajar lainnya, cenderung dinamis penuh getaran dan bertenaga dengan sikap tubuh yang condong ke depan serta dagu diangkat. Yang menarik adalah gaya yang diajarkan sangat mirip dengan gambar sketsa gerakan legong yang tercantum dalam buku Island of Bali, karangan Miguel Covarrubias. Gaya ini kemudian menjadi ciri khas Legong Peliatan.
Dengan ciri khas diatas maka masyarakat akan lebih mudah membedakan asal dari Legong Lasem tersebut. Sesungguhnya setiap pengajar/sanggar mempunyai gaya-gaya yang berbeda dalam pengajaran Tari Legong Lasem. Namun Tari Legong Lasem gaya Peliatan ini memang sangat berbeda dari yang lainnya.

2.4 Keberadaan Tari Legong Lasem dewasa ini
Pesatnya perkembangan industri Pariwisata Bali mendorong munculnya sekaa – sekaa kesenian yang melakukan pementasan di Hotel untuk memenuhi kebutuhan Pariwisata. Semenjak itu banyak seni pertunjukan Pariwisata muncul dan dominan diciptakan atas inspirasi tarian – tarian sakral daerah ini. “Oleh sebab, itu jika diamati sebagian besar seni pertunjukan Pariwisata Bali didominasi oleh tarian – tarian bernuansa religius sebagaimana disenangi wisatawan tersebut, walaupun koreografinya tidak sepehnya lagi ditata dengan konsep tradisi”.(Ruastiti, 2008: 3).
Tak banyak daerah yang mampu mempertahankan kekhasan Tari Legongnya. Namun tak mudah mempertahankan Legong gaya daerah yang diwariskan. Pasalnya, ruang yang ada untuk mereka berekspresi tak cukup banyak. Sebaliknya, permintaan pasar dan keterbatasan budget anggaran menjadi kendala. Contoh sederhananya, kini banyak penyelenggara pertunjukkan seperti hotel dan kafe mengajukan permintaan tari Legong berdasarkan pasar dan anggaran tadi. Tak mengherankan bila kini banyak tari Legong yang tampil hanya 10 menit, dari yang seharusnya sekitar 20 sampai 30 menit. Ironisnya, menjamurnya sanggar-sanggar tari di Bali membuat perlakuan tidak layak terhadap kesenian Bali itu tak lagi dihiraukan. Banyak tari Bali kreasi baru yang muncul menggunakan konsep pelegongan. Banyak pula upaya mencipta Legong kreasi, yang terbukti tak mengusik kekuatan tari Legong asli. Legong kreasi tidak pula mengurangi kecintaan masyarakat pada tari Legong asli.
Desa-desa di Ubud Gianyar yang menjadi tujuan wisata menyelenggarakan seni pertunjukan Tari Legong Lasem  pada malam hari. Tari Legong Lasem di Peliatan Ubud masih eksis di kalangan masyarakat maupun di dunia pariwisata. Setiap seminggu sekali masyarakat di Peliatan mementaskan Tari Legong Lasem untuk disuguhkan kepada wisatawan mancanegara.  Wisatawan yang menginap di Ubud lebih dimanjakan oleh kelompok kesenian di desa itu. Mereka tidak perlu pergi jauh-jauh untuk dapat menonton seni pertunjukan, karena beberapa desa telah menyediakan tempat pertunjukan. Seni pertunjukan yang dipentaskan pada umumnya adalah tari legong dan ada juga tari sanghyang. Jadwal pertunjukan Legong di Ubud biasanya dapat diketahui oleh wisatawan melalui brosur yang di tempatkan di restaurant-restaurat maupun di hotel-hotel tempat wisatawan tersebut menginap. Dengan demikian wisatawan dengan mudah dapat mengetahui dan memilih jenis seni pertunjukan yang ingin ditonton. Kunjungan wisatawan ke tempat-tempat pementasan seni pertunjukan tersebut di atas pada umumnya bersifat perseorangan, artinya mereka (wisatawan) yang ingin nonton seni pertunjukan tersebut harus membayar sendiri sesuai dengan harga tiket yang ditentukan oleh pihak penyelengga. Terjadinya transpormasi nilai dalam masyarakat tradisional Bali dari ”ngayah” menjadi ”mabayah” merupakan suatu perubahan yang wajar mengingat bahwa pada masa kini tidak ada yang gratis. Adalah wajar apabila mereka yang bekerja dalam konteks pariwisata tersebut memperoleh kontribusi sebagai imbalan sesuai dengan tingkat kreativitas dan profesionalismenya. Di dalam perkembangan dunia Pariwisata pada saat sekarang ini kehidupan serta kelestarian Tari Legong Lasem mendapat godaan - godaan. Oleh karena itu Tari Legong Lasem perlu dipelihara dibina kehidupan dan dilestarikan untuk menjaga keluhuran daripada nilai – nilai yang terkandung didalamnya.



                                                                            BAB III
                                                                         PENUTUP
Kesimpulan:
Diduga kata legong berasal dari kata “leg” yang artinya gerak tari yang luwes atau lentur yang merupakan ciri pokok tari Legong. Adapun “gong” yang berarti instrument pengiringnya artinya gamelan. Legong dengan demikian mengandung arti gerak tari yang terikat (terutama aksentuasinya) oleh gamelan yang mengiringinya. Gamelan yang dipakai mengiringi tari legong dinamakan Gamelan Semar Pagulingan. Tari Legong  mempunyai struktur gerak yaitu Pengawit, Pengawak, Pengecet, Pengrangrang, Pesiat, Pekaad.
Tari Legong Lasem versi Peliatan sangat berbeda dengan versi Tari Legong Lasem  lainnya. Gaya tarian yang diajarkannya agak berbeda dengan pengajar lainnya, cenderung dinamis penuh getaran dan bertenaga dengan sikap tubuh yang condong ke depan serta dagu diangkat. Di dalam perkembangan dunia Pariwisata pada saat sekarang ini kehidupan serta kelestarian Tari Legong Lasem mendapat godaan - godaan. Oleh karena itu Tari Legong Lasem perlu dipelihara dibina kehidupan dan dilestarikan untuk menjaga keluhuran daripada nilai – nilai yang terkandung didalamnya.



                                                                     DAFTAR PUSTAKA

Bandem, I M. l996. Etnologi Tari Bali.Denpasar

Dibia, I Wayan. 1999. “Selayang Pandang Seni Pertunjukan Bali”. Masyarakat Seni Pertunjukan Bali.

Ruastiti, Ni Made. “Seni Pertunjukan Pariwisata Bali Kemasan Baru Denpasar; Prespektif Kajian Budaya.” (Disertasi), Program Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar 2008.

______________. ”Seni Pertunjukan Pariwisata Industri Kreatif Berbasis Kesenian Bali.”
            (http://www.isi-dps.ac.id/berita/seni-pertunjukan-pariwisata-indutri-kreatif-berbasis-kesenian-bali, diakses 16 November 2011).

www.budaya-indonesia.org/iaci/Tari_Pendet
www.kevinabali.wordpress.com/tag/tari/
www.mediaindonesia.com, Tari Pendet, Budaya Bali tidak Terpisahkan dari Ritual Hindu, Ruta   Suryana





Komentar

  1. Bagus sekali untuk menambah pengetahuan saya mengenai tari bali. Terima kasih untuk artikelnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

tata lampu

Tari Legong Jobog

Ragam Gerak Tari Pendet Pendek